RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN IPS

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

IPS

Letak dan Luas Benua Asia dan Benua Lainnya

Kelas IX

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Oleh

MEBAMBA,S.Pd

SMP NEGERI SATAP 5 TABULAHAN

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pemetaan Kebutuhan Belajar Murid

 

Tujuan Pembelajaran:

1.     Melalui literasi dari berbagai sumber, peserta didik dapat mengidentifikasi Letak dan Luas Benua Asia dan Benua Lainnyadengan benar.

2.     Melalui tayangan video, peserta didik dapat menganalisis Letak dan Luas Benua Asia dan Benua Lainnyadengan runtut.

 

Pemetaan kebutuhan belajar murid berdasarkan kesiapan belajar murid

 

 

Nama Murid

Kesiapan Belajar

Diferensiasi Konten

Diferensiasi Proses

 

 

 

 

 

 

 

 

Cepat

Mandiri

 

 

 

 

 

Menganalisis Letak dan Luas Benua Asia

dan Benua Lainnyasecara runtut secara mandiri dari berbagai sumber

 

 

 

 

Murid diminta untuk menganalisis Letak dan Luas Benua Asia dan Benua Lainnyamelalui berbagai sumber secara mandiri dengan runtut dan lengkap

disertai bukti-bukti  yang mendukung

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sedang

Cukup Mandiri

 

 

 

Menganalisis

Letak dan Luas

Benua Asia dan

Benua Lainnyadan maldengan runtut

 

 

 

Murid diminta untuk menganalisis konsep kronologis melalui bantuan gambar atau film Letak dan

Luas Benua Asia dan Benua

Lainnyadengan runtut

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lambat

Tergantung

 

Menganalisis Letak dan Luas Benua Asia

dan Benua Lainnyanamun hanya hanya bersifat mendasar dengan pendampingan guru dan tutor sebaya

Murid mendapatkan pembelajaran secara eksplisit dengan pendampingan guru dan tutor sebaya melalui bantuan-bantuan khusus untuk menjelaskan Letak dan Luas

Benua Asia dan

Benua Lainnya

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


 

Pemetaan kebutuhan belajar murid berdasarkan minat belajar murid

 

 

Nama Murid

Minat Belajar

Diferensiasi Proses

Diferensiasi Produk

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Menggambar

 

 

 

 

 

Murid membuat laporan dengan menggambar sesuai produk yang diminati

 

 

 

 

 

 Siswa membuat produk berupa pohon konsep

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Menulis

Murid           membuat laporan        dengan menulis menggambar sesuai produk yang diminati

 

Siswa membuat produk berupa cerita pendek.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Praktek

 

 

Murid membuat laporan dengan bermain peran sesuai produk yang diminati

 

 

 

Siswa membuat produk berupa video dengan bermain peran.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pemetaan kebutuhan belajar murid berdasarkan profil belajar murid

 

 

Nama Murid

Profil Belajar

Diferensiasi Proses

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Visual

 

 

 

 

 

 

 

 

Murid melakukan literasi dari berbagai sumber tentang Letak dan Luas Benua Asia dan Benua

Lainnya

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

                     

 

 

Audiotori

Murid mendengarkan video tentang

Letak dan Luas Benua Asia dan

Benua Lainnya

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kinestetik

 

 

 

 

 

 

Murid bermain peran sesuai tokoh pada Letak dan Luas Benua Asia dan Benua Lainnya

 

 

 

 

 

 

 

 

 


 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

 

Satuan Pendididian

:SMPN SATAP 5 TABULAHAN

Mata Pelajaran  

: Ilmu Pengetahuan Sosial

Kelas/Semester  

: IX/Ganjil

Materi Pokok        

: Letak dan Luas Benua Asia dan Benua Lainnya

Alokasi Waktu  

: 5 Petemuan (15 JP) @40 Menit

 

A.        Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:

       Menunjukkan letak astronomis & geografis Benua Asia 

       Menyebutkan luas Benua Asia 

       Mengembangkan sikap kerjasama  

       Menunjukkan letak astronomis & geografis Benua Amerika

       Menyebutkan luas Benua Amerika

       Mengembangkan sikap kerjasama 

       Menunjukkan letak astronomis & geografis Benua Eropa

       Menyebutkan luas benua Eropa

       Mengembangkan sikap peduli

       Menunjukkan letak astronomis & geografis Benua Afrika

       Menyebutkan luas benua Afrika

       Mengembangkan sikap kerjasama dan peduli

       Menunjukkan letak astronomis & geografis Benua Australia

       Menyebutkan luas benua Australia

       Mengembangkan sikap kerjasama dan peduli

 

B.        Media Pembelajaran, Alat dan Sumber Belajar

Media : Worksheet atau lembar kerja (siswa), Lembar penilaian

Alat/Bahan :Penggaris, spidol, papan tulis, Laptop 

Sumber Belajar: Buku Siswa Ilmu Pengetahuan Sosial KelasIX, Kemendikbud,2018

 

C.        Langkah-Langkah Pembelajaran

Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)

Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran, memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin (Religius)

Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya serta mengajukan pertanyaan untuk mengingat dan menghubungkan dengan materi selanjutnya.

Menyampaikan motivasi tentang apa yang dapat diperoleh (tujuan & manfaat) dengan mempelajari materi :

Letak dan Luas Benua Asia dan Benua Lainnyadengan mengunjungi laman websiteedukasi.com

Menjelaskan hal-hal yang akan dipelajari, kompetensi yang akan dicapai, serta metode belajar yang akan ditempuh,

Kegiatan Inti ( 90 Menit )

Kegiatan Literasi

Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi Letak dan Luas Benua Asia dan Benua Lainnyadengan mengunjungi laman websiteedukasi.com (Guru melakukan diferensiasi konten)

Critical Thinking 

Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi :

       Letak Astronomis & geografis

       Luas Benua asia & benua lainnya

(Critical Thinking)/

Mandiri(antikorupsi

)

Collaboration

Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Letak dan Luas Benua Asia dan Benua Lainnya.

.(jujur)

Guru selalu mendampingi siswa dan

kesulitan.

 

 membantu jika mengalami

(guru melakukan diferensiasi proses)

Communication

Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan  (Guru melakukan diferensiasi Produk)

Creativity

Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Sistem Letak dan Luas Benua Asia dan Benua LainnyaPeserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami

Kegiatan Penutup (15 Menit)

Peserta didik membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan. 

Guru membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan. Guru dan murid bersama-sama menutup pembelajaran dengan berdoa dan salam. (Religius)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

D.        Penilaian Hasil Pembelajaran

-     Penilaian Pengetahuan berupa tes tertulis pilihan ganda & tertulis uraian, tes lisan / observasi terhadap diskusi tanya jawab dan percakapan serta penugasan

-     Penilaian Keterampilan berupa penilaian unjuk kerja, penilaian proyek, penilaian produk dan penilaian portofolio

 

 

 

 

Mengetahui,                                                                                      Tabulahan,  17  Juli  2023

Kepala SMPN SATAP 5 TABULAHAN,                                              Guru Mapel IPS,

 

 

 

PAULUS HENG, S.Pd                                                                           MEBAMBA,S.Pd

NIP. 198306012015041001                                                 NIP.198012142022211014

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

LAMPIRAN :

 

A.                  PENILAIAN SIKAP

1.         Teknik penilaian                            : observasi

2.         Instrumen penilaian dan pedoman penilaian

                      a.     Instrumen penilaian

Berupa lembar observasi dalam bentuk jurnal

 

Jurnal perkembangan sikap

                               Nama sekolah                       : SMPN SATAP 5 TABULAHAN

                                Kelas/semester                     : IX/1

                               Mata pelajaran                     : IPS

                               Tahun pelajaran                  : 2023/2024

No

Tanggal

Nama peserta didik

Catatan perilaku

Butir sikap

Tanda Tangan

Tindak Lanjut

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

                                                                                                  

B.                  Penilaian pengetahuan

                 1. Teknik penilaian           : tes tertulis bentuk uraian

 

Butir Soal

Pertemuan 1

1.       Mengapa benua Asia dikatakan sebagai benua terluas di dunia

2.       Sebutkan letak astronomis Benua Asia !

3.       Sebutkan letak geografis Benua Asia !

4.       Jelaskan pengaruh letak astonomis terhadap iklim di Benua Asia ! 

5.       Sebutkan 5 region pembagian Benua Asia !

 

Pertemuan 2

1.     Mengapa Amerika disebut Benua Merah ?

2.     Sebutkan letak astronomis Benua Amerika !

3.     Sebutkan letak geografis Benua Amerika !

4.     Jelaskan mengenai luas Benua Amerika !

5.     Sebutkan 4 region pembagian Benua Amerika !

 

Pertemuan 3

1.         Mengapa Eropa disebut Benua Biru ?

2.         Sebutkan letak astronomis Benua Eropa !

3.         Sebutkan letak geografis Benua Eropa !

4.         Jelaskan mengenai luas Benua Eropa !

5.         Sebutkan 4 region pembagian Benua Eropa !

 

Pertemuan 4

1.           Mengapa Afrika disebut Benua Hitam ?

2.           Sebutkan letak astronomis Benua Afrika !

3.           Sebutkan letak geografis Benua Afrika !

4.           Jelaskan mengenai luas Benua Afrika !

5.           Sebutkan 5 region pembagian Benua Afrika !

 

Pertemuan 5

1.         Sebutkan letak astronomis Benua Australia !

2.         Sebutkan letak geografis Benua Australia !

3.         Jelaskan mengenai luas Benua Australia !

4.         Sebutkan 8 negara bagian di Benua Australia !

 

 

 

 

 

 

1) Pedoman penskoran

NO

KUNCI JAWABAN

SKOR MAKSIMUM

1

a.    Benua Asia                     d.  Benua Eropa

b.    Benua Amerika               e.  Benua Auatralia

c.    Benua Afrika

 

 

5

2

26º BT – 170º BT dan 11º LS  – 80º LU

 

5

 

3

-    Sebelah utara berbatasan utara dengan Samudra Arktik

-    Sebelah selatan: Samudra Hindia di selatan,

-    Sebelah barat: Benua Eropa,  Pegunungan  Ural,  Laut

-    Kaspia, Laut Hitam, Selat Bosporus, Selat Dardanella,  Laut  Tengah,  Terusan  Suez, dan Laut Merah

-    Sebelah timur: Samodra Pasifik

 

 

 

 

5

4

Akibat panjang garis lintang benua Asia memiliki 4 daerah iklim yaitu: tropis, sub tropis, sedang & dingin

 

5

5

44.000.000  km2    atau  seperempat  luas wilayah  daratan  dunia

 

5

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

                                                      Total Sekor perolehan

                Nilai             = -----------------------------------      x 100

                                               Jumlah Skor maximum

 

C.                  PENILAIAN KETRAMPILAN

 

1.                    Teknik penilaian                  : penilaian kinerja (proses dan produk)

2.                    Instrumen penilaian                            :

       Dikerjakan secara Individu

       Waktu pengumpulan 1 minggu

                3.         Pedoman penskoran:

 

LEMBAR OBSERVASI KINERJA PRESENTASI

 

Mata pelajaran  : IPS

Kelas/semester  : IX/1

No

Nama siswa

 

Aspek penilaian

 

 

Rerata nilai

Penampilan

Media yang digunakan

Penguasan materi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

LEMBAR PENILAIAN PRODUK (kliping rumah dan baju adat)

 

No

Nama siswa

Aspek penilaian

 

 

Rerata nilai

Kesesuaian dengan tema

Keindahan dan kerajinan

kuantitas

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Komentar

Postingan Populer