PENGERTIAN TEKNOLOGI


PENGERTIAN TEKNOLOGI

 

Teknologi bagi kita merupakan pengetahuan terhadap penggunaan alat dan kerajinan, dan bagaimana hal tersebut mempengaruhi kemampuan untuk mengontrol dan beradaptasi dengan lingkungan alamnya. Kata teknologi berasal dari bahasa Yunani technología (τεχνολογία) – TECHNE (τέχνη), ‘kerajinan’ dan-Logia (-λογία), studi tentang sesuatu, atau cabang pengetahuan dari suatu disiplin. Teknologi juga dapat diartikan benda-benda yang berguna bagi manusia, seperti mesin, tetapi dapat juga mencakup hal yang lebih luas, termasuk sistem, metode organisasi, dan teknik. Istilah ini dapat diterapkan secara umum atau spesifik: contoh-contoh mencakup “teknologi konstruksi”, “teknologi medis”, atau “state-of-the-art teknologi”
Kita menggunakan teknologi dimulai dengan konversi sumber daya alam menjadi peralatan sederhana. Penemuan yang prasejarah kemampuan untuk mengendalikan api sehingga dapat mengolah makanan dan penemuan roda membantu manusia dalam perjalanan di dalam dan mengendalikan lingkungan mereka. Perkembangan teknologi terbaru, termasuk mesin cetak, telepon, dan Internet, mengatasi hambatan fisik untuk komunikasi dan memungkinkan manusia untuk berinteraksi dengan bebas pada skala global atau luas. Namun, tidak semua teknologi ini telah digunakan untuk tujuan damai; pengembangan senjata yang semakin meningkat kekuatan destruktif telah berkembang sepanjang sejarah, dari klub untuk senjata nuklir.
Teknologi telah mempengaruhi masyarakat dan sekitarnya dalam beberapa cara. Dalam masyarakat, teknologi telah membantu mengembangkan ekonomi yang lebih maju (termasuk ekonomi global saat ini). Tetapi banyak proses-proses teknologi juga menghasilkan produk yang tidak diinginkan atau mengakibatkan sesuatu hal, contohnya polusi, dan menguras sumber daya alam, dengan merusak bumi dan lingkungannya. Berbagai implementasi teknologi mempengaruhi nilai-nilai masyarakat dan teknologi baru sering menimbulkan pertanyaan-pertanyaan etika baru. Contohnya meliputi munculnya gagasan tentang efisiensi dalam hal produktivitas manusia, istilah yang awalnya hanya berlaku bagi mesin, dan tantangan dari norma-norma tradisional.
Perdebatan filosofis telah muncul di masa kini dan masa depan menggunakan teknologi dalam masyarakat, dengan teknologi ketidaksepakatan mengenai apakah memperbaiki kondisi manusia atau memburuk itu. Neo-Luddism, anarko-primitivisme, dan gerakan-gerakan serupa mengkritik pervasiveness teknologi dalam dunia modern, opining bahwa itu merugikan lingkungan dan mengasingkan rakyat; pendukung ideologi seperti transhumanism dan techno-progresivisme melihat kemajuan teknologi terus bermanfaat untuk masyarakat dan kondisi manusia. Memang, sampai saat ini, diyakini bahwa perkembangan teknologi dibatasi hanya untuk manusia, tetapi penelitian ilmiah baru-baru ini menunjukkan bahwa primata lain dan masyarakat lumba-lumba tertentu telah mengembangkan alat yang sederhana dan belajar untuk menyampaikan pengetahuan mereka kepada generasi yang lain.
The Merriam-Webster menawarkan definisi dari istilah: “aplikasi praktis dari pengetahuan khususnya di daerah tertentu” dan “kemampuan yang diberikan oleh aplikasi praktis dari pengetahuan”. Ursula Franklin, di 1989 “Real World of Teknologi “kuliah, memberi definisi lain dari konsep; itu adalah” praktik, cara kita melakukan hal-hal di sini “. Istilah ini sering digunakan untuk menyiratkan bidang tertentu teknologi, atau untuk mengacu pada teknologi tinggi atau hanya konsumen elektronik, daripada teknologi secara keseluruhan. Bernard Stiegler, di Teknik dan Time, 1, mendefinisikan teknologi dalam dua cara: sebagai “pengejaran kehidupan dengan cara selain hidup”, dan sebagai “yang diselenggarakan materi anorganik.”
Teknologi sebagai Barang Buatan Manusia
Pengertian teknologi yang tertua, sangat sederhana, dan paling umum dikenal orang ialah sebagai barang buatan dari manusia. Mengapa manusia sejak zaman yang amat kuno perlu membikin berbagai barang buatan seperti kapak, palu, pengungkit, perahu, dan kereta? Jawabannya yang paling masuk akal adalah karena manusia merupakan suatu makhluk yang amat rapuh jasmaninya.
Menurut Lord Ritchie-Calder, dari masa yang tertua dan mulai dengan alat-alat yang paling sederhana, setiap penemuan dan penciptaan berdasarkan pada kenyataan bahwa manusia bukan hanya suatu makhluk perseptual melainkan juga suatu makhluk konseptual yang mampu mengamati, mengingat, dan menjajarkan gambaran angan-angan. Ia dapat membuat suatu perancangan mental, suatu khayalan tekno-puitis, bahkan bilamana sarana untuk senyatanya membuatnya tidak tersedia.
Menurut sejarahnya, ada dua titik waktu yang sangat penting dalamperkembangan teknologi menurut A. Gehlen (Man in the Age of Technology), yaitu:•
Revolusi neolitik: mulai titik waktu ini manusia beralih dari hidup mengembara dan berburu ke keadaan hidup menetap dengan mengembangkan pertanian dan pemeliharaan hewan.
Revolusi industri: berkembangnya kebudayaan mesin yang memenuhi kebutuhan manusia dan mengubah tatanan hidupnya. Teknologi sebagai barang buatan manusia memiliki tiga ragam dasar yang sekaligus menunjukkan perkembangan historis yang berlainan. Hal ini adalah pendapat dari seorang ahli yaitu Ladislav Tondl. Ragam dasar itu adalah:
Alat
Suatu benda yang bergerak semata-mata berdasarkan tenaga dari otot manusia. Pada umumnya manusialah yang membimbing dan mengendalikan alat-alat, dengan demikian manusia jugalah yang menjadi sumber informasi.
Mesin
Sesuatu sistem peralatan yang tidak menggunakan tenaga manusia, melainkan sumber-sumber tenaga di luar manusia, tetapi masih tetap memerlukan manusia untuk membimbing dan mengendalikannya.
Automaton
Perlengkapan teknologi yang paling tinggi ragamnya dan paling canggih. Perlengkapan ini (berdasarkan asas sibernetika yang menggantikan fungsi pengendalian : manusiawi) mampu membuat keputusan dan mengatur sendiri.

Teknologi sebagai Kegiatan Manusia
Pengertian teknologi sebagai barang buatan kurang lengkap dan terlampau sempit. Barang buatan hanyalah suatu hasil akhir dari sebuah proses atau rangkaian kegiatan yang telah berlangsung sebelumnya. Oleh karena itu, pembahasan tentang pengertian teknologi harus menjelaskan kegiatan apa atau bagaimana yang telah terjadi sehingga menghasilkan berbagai barang buatan dati manusia itu.
Kegiatan manusia yang termasuk pengertian teknologi pada pokoknya dapat dibedakan dalam dua jenis, yaitu membuat dan menggunakan. Membuat adalah kegiatan merancang dan menciptakan sesuatu barang buatan, sedang menggunakan adalah melakukan sesuatu kegiatan sesuai dengan fungsi suatu barang buatan yang telah dibuat. Sebagai contoh misalnya pembuatan perahu pada zaman dahulu, orang harus terlebih dahulu membuat kapak, palu, gergaji, dan alat pengukur. Kemudian barulah orang membuat perahu dengan menggunakan alat-alat itu. Jadi, dalam pembuatan suatu perahu yang senyatanya dilakukan dua jenis kegiatan membuat dan menggunakan. Dalam zaman modem,sekarang, kegiatan menggunakan berbagai peralatan, mesin, dan perlengkapan lainnya dalam pabrik untuk memproduksi (membuat) sesuatu barang buatan tampak lebih menonjol. Kedua kegiatan membuat dan kegiatan menggunakan itu sebagai teknologi harus dibedakan.
Dengandemikian, jelaslah kini apa yang dimaksud dengan teknologi sebagai kegiatan manusia. Tetapi tidak setiap kegiatan manusia adalah teknologi, melainkan hanyalah kegiatan yang mempunyai dua ciri pokok, yaitu efisien dan memiliki tujuan tertentu.
Teknologi sebagai Kumpulan Pengetahuan
Analisis yang lebih mendalam lagi terhadap teknologi sebagai kegiatan manusia yang secara sistematis Iangkah demi langkah dilakukan untuk mencapai sesuatu tujuan tertentu secara efisien sampai pada faktor pengetahuan yang mendasari kegiatan itu Pengetahuan ini harus dipelajari oleh manusia baik dari pengalaman sendiri maupun dari sumber-sumber lain untuk dapat melakukan kegiatan yang merupakan teknologi.
Seorang ahli Tom Burns mengartikan teknologi sebagai kumpulan pengetahuan, tetapi pengetahuan itu dibedakan menjadi dua kelompok, yakni pengetahuan yang masih terdapat pada bangsa yang terbelakang atau kurun masa sebelum industrialisasi zaman modern dan pengetahuan yang telah bersangkut paut dengan masyarakat-masyarakat industri. Atau dapat dikatakan, pengertian teknologi sebagai kumpulan pengetahuan dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu pengetahuan yang masih bersifat tradisional sebelum terjadinya industrialisasi dan pengetahuan yang telah bercorak modem dalam masyarakat industri untuk produksi berbagai barang danjasa.
Menurut Mario Bunge dalam “Toward a Philosophy of Technology”, dapat dijelaskan memalui gambar berikut:
http://arydj.files.wordpress.com/2009/10/toward-a-phylosophy-of-technology.jpg?w=600&h=336
Demikian banyak ahli teknologi yang menerima pengertian teknologi sebagai kumpulan pengetahuan dan merumuskan definisi teknologi sesuai dengan pengertian ini
Teknologi sebagai Kebualatan Sistem
Peter Drucker berpendapat bahwa teknologi harus dianggap sebagai suatu sistem, yaitu suatu kumpulan dan satuan-satuan dan kegiatan-kegiatan yang saling berkaitan dan saling berkomunikasi. (“Work and Tools”, Technology and Culture). Sampai pada permulaan abad XX ini, istilah. teknologi telah dipakai secara umum dan merangkum suatu rangkaian sarana, proses, dan ide disampingnya alat-alat dan mesin-mesin.
Teknologi bukan saja dapat dipandang sebagaisuatu sistem, melainkan teknologi memang sebuah sistem nyata (real system). Untuk pengertian sistem dapatlah diikuti pendapat von Bertalanffy yang merumuskannya sebagai suatu himpunan unsur-unsur yang dalam keadaan saling berhubungan satu sama lain dan dengan lingkungan sekeliling, sedang real sistem ialah suatu entitas yang: diketahui dengan atau disimpulkan dari pengamatan dan ada secara bebas dari pengamat yang bersangkutan.
Teknologi adalah sebuah sistem, yakni suatu kebulatan terdiri dari bagian-bagian yang saling berkaitan satu sama lain maupun dengan lingkungan sekelilingnya. Sistem apa atau yang bagaimana telah terjawab dengansistem keterampilan praktis, atau secara lebih umum suatu sistem penentuan sarana-sarana untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu berdasarkan konsep efisiensi.
1. Gie, The Liang. Pengantar Filsafat Teknologi. Andi. Yogyakarta. 1996. ISBN-979-533-365-8
2. “Definition of technology”. Merriam-Webster. Retrieved 2007-02-16.
3. Franklin, Ursula. “Real World of Technology”. House of Anansi Press. Retrieved 2007-02-13.
4. “Technology news”. BBCNews. Retrieved 2006-02-17.
5. Stiegler, Bernard (1998). Technics and Time, 1: The Fault of Epimetheus. Stanford University Press. pp. 17, 82. ISBN0-8047-3041-3.6. Gehlen, Arnold. Man in the Age of Technology (European Perspectives Series) (Original Title: Die Seele Im Technischen Zeihalter). Columbia University Press, NY . 1980. ISBN-13: 9780231048538 ISBN: 023104853X













Teknologi dalam Arti Luas

Dalam sejarah teknologi, kemunculan teknologi, merupakan bagian dari perkembangan mutakhir, mewakili kemajuan dewasa ini dan inovasi di sekitar abad ke-21 di berbagai bidang teknologi. Berbagai intergrasi teknologi telah muncul dalam konvergensi teknologi dari sistem yang berbeda yang berkembang menuju melaksanakan tugas serupa. Konvergensi dapat merujuk pada teknologi yang sebelumnya terpisah, seperti suara (dan fitur telepon), data (dan produktivitas aplikasi) dan video, yang sekarang berbagi sumber daya dan berinteraksi antara satu dengan yang lain, sinergis menciptakan efisiensi baru.
Teknologi yang berkembang merupakan inovasi teknis yang mencerminkan perkembangan progresif dalam sebuah bidang, untuk mendapatkan keuntungan kompetitif; konvergen teknologi yang sebelumnya mewakili bidang yang berbeda dalam beberapa cara bergerak menuju kuat antar-koneksi dan tujuan serupa. Namun, pendapat pada tingkat dampak, status, dan kelangsungan hidup ekonomi dari beberapa teknologi yang muncul dan konvergen bervariasi.
Sekilas Perkembangan Teknologi
Seiring waktu, metode dan topik baru dikembangkan dan terbuka untuk semua. Beberapa timbul karena penelitian teoretis, pihak lain karena penelitian dan pengembangan komersial atau alat-alat dan penemuan-penemuan baru.
Perkembangan teknologi termasuk perkembangan tambahan, dan teknologi yang mengakibatkan kerusakan/masalah. Contoh pertama adalah secara bertahap roll out dari DVD sebagai pengembangan dimaksudkan untuk mengikuti pada dari teknologi optik sebelumnya Compact Disc. Sebaliknya, teknologi yang mengakibatkan kerusakan salah satunya kendaraan bermotor, masyarakat secara berlebihan mempergunakan kendaraan bermotor, yang mengakibatktisan tingkat polusi meningkat drastis. Sekarang sudah mulai mencari cara pemecahannya.
Teknologi adalah istilah umum yang digunakan untuk menunjukkan perkembangan teknologi yang signifikan dan efektif. Membuka bidang baru dalam beberapa cara yang signifikan dalam bidang mereka. Contoh dari teknologi saat ini termasuk nanoteknologi, bioteknologi, robotik dan kecerdasan buatan.
Integrasi teknologi adalah topik yang berhubungan, merupakan bidang yang penting, di mana berbagai disiplin ilmu yang menyatu dan untuk memperluas penyatuan atau mengembangkan berbagai bidang, menuju arah yang sama. Hal ini dapat dicontohkan sebagai berikut. Dulu komputer belum menjadi sangat berpengaruh dan media menjadi belum beberbentuk digital, kemudian disatukan menjadi teknologi yang sangat luar biasa pengaruhnya. Hal tersebut dinamakan konvergensi atau integrasi teknologi.
Perdebatan Perkembangan Teknologi
Banyak penulis, termasuk ilmuwan komputer Bill Joy, telah mengidentifikasi kelompok teknologi yang mereka anggap penting bagi masa depan kemanusiaan. Joy memperingatkan bahwa teknologi bisa digunakan oleh para elite untuk kebaikan atau keburukan. Mereka bisa menggunakannya sebagai peralatan yang berguna untuk seluruh umat manusia, atau memutuskan orang lain yang berlebihan dan mendorong kepunahan massal yang dibuat oleh teknologi yang tidak perlu. Para pendukung manfaat dari perubahan teknologi biasanya melihat muncul dan konvergen teknologi yang menawarkan harapan bagi perbaikan kondisi manusia. Namun, kritik dari risiko perubahan teknologi, dan bahkan beberapa pendukung seperti transhumanist filsuf Nick Bostrom, memperingatkan bahwa beberapa teknologi tersebut dapat menimbulkan bahaya, bahkan mungkin berkontribusi terhadap kepunahan umat manusia itu sendiri, yakni, beberapa dari mereka bisa mencakup resiko eksistensial (resiko yang bersifat global) .
Banyak perdebatan etis berpusat pada isu-isu keadilan distributif dalam mengalokasikan akses ke bentuk teknologi menguntungkan. Beberapa pemikir, seperti pakar etika lingkungan Bill McKibben, menentang pembangunan berkelanjutan teknologi maju sebagian karena takut bahwa manfaatnya akan didistribusikan tidak sama dengan cara-cara yang dapat memperburuk penderitaan orang miskin. Sebaliknya, penemu Ray Kurzweil adalah salahtechno-utopian yang percaya bahwa muncul dan teknologi konvergen dapat dan akan menghapuskan kemiskinan dan menghapuskan penderitaan.
















Rekayasa Teknologi
Rekayasa Teknologi adalah bidang studi yang berfokus pada penerapan teknik dan teknologi modern, bukan teoritis.  Menurut US Department of Education, Rekayasa Teknologi adalah bidang berkaitan dengan penerapan] teknik dasar prinsip-prinsip dan keterampilan teknis untuk mendukung para insinyur yang terlibat dalam berbagai proyek. Rekayasa Teknologi pada umumnya mencakup instruksi dalam berbagai teknik fungsi dukungan untuk penelitian, produksi, dan operasi, dan aplikasi pada spesialisasi teknik tertentu.
Rekayasa berasal dari penerjemahan kata ‘Engineering’. Arti dari engineering yaitu bidang, seni dan profesi yang menerapkan teknis, ilmiah dan pengetahuan matematika dalam merancang dan mengimplementasikan materi, struktur, mesin, peralatan, sistem, dan proses agar dapat mewujudkan tujuan yang diinginkan.
Engineering merupakan bidang yang luas sehingga dipecah sesuai dengan bidang masing-masing. Hal ini dapat dicontohkan di perguruan tinggi kita, antara lain teknik informatika, teknik industri, teknik kimia, sistem komputer, sistem informasi, teknik sipil, teknik elektro, desain produk, dan lain-lain. Tetapi mesipun dilatih untuk satu bidang tertentu, seoang lulusan dalam bidang engineering, pada praktek dilapangan tentu dihadapkan dengan permasalahan yang multidisiplin.
Pada dewasa ini banyak bidang-bidang yang menjadi popular dan berkembang dengan pesat, serta mengembangkan cabang-cabang baru seperti teknik informatika, teknik computer, rekayasa perangkat lunak, teknologi nano, rekayasa molecular, mekatronika. Sekarang berkembang bidang yang merupakan multidisiplin, contohnya mekatronik merupakan gabungan mekanik, elektronik dan komputer.  Hal ini dapat diamati sangat jelas di pendidikan luar negeri, banyak sekali tumbuh bidang-bidang baru (jurusan) sesuai dengan kebutuhan di lapangan, karena di sana banyak bidang dalam perguruan tinggi yang langsung menuju ke aplikasi tertentu di lapangan. Sehingga banyak juga terjadi perubahan bidang atau perkembangan bidang baru. Hal ini beberapa kali terjadi apabila ada keinginan ingin melanjutkan sekolah ke luar negeri, tiba-tiba bidang tesebut sudah berubah atau tidak ada lagi. Ada pula bidang yang baru tersebut berkembang menjadi besar dan berkembang sub-sub bidang yang baru.
METODOLOGI
Enjiner (insinyur) menerapkan ilmu-ilmu terutama ilmu murni untuk menemukan solusi yang sesuai dalam pemecahan masalah-masalah di lapangan. Sekarang mereka juga dipaksa untuk memiliki ilmu pengetahuan yang relevan dengan proyek-proyek desain mereka, sehingga diharapkan terus belajar sepanjang karirnya.
Dalam praktek, yang paling dibutuhkan adalah solusi atau pemecahan masalah. Jadi dalam rekayasa teknologi yang perlu diperhatikan adalah mengidentifikasi, memahami dan mendefinisikan kendala yang ada baik dari segi permasalahan utama maupun sumber daya untuk memecahkan permasalahan tersebut. Keterbatasan sumber daya diantaranya fisik, imajinatif, keterbatasan teknis , fleksibelitas dan lain-lain. Kemudian meninjau persyaratan yang diperlukan. Dan akhirnya dicapai pemecahan yang mungkin menurunkan spesifikasi,  disesuaikan dengan batasan sumber daya, tetapi masih di dalam persyaratan. Kemudian melakukan pengujian dalam penerapan di lapangan dan diadakan evaluasi untuk memaksimalkan hasil yang ada.
Karena pada umumnya, mendapatkan beberapa alternatif solusi, sehingga harus menguji dan mengevaluasi yang paling optimal untuk diterapkan. Untuk mmprediksi hal ini umumnya diperlukan beberapa hal, antara lain prototipe, skala model, simulasi, tes destruktif, tes non-destruktif, dan lain-lain. Hal ini untuk memastikan alternatif yang paling optimal. Selain itu harus juga memikirkan masalah keselamatan. Namun semakin tinggi tingkat keselamatan, dapat mengakibat desain kurang efisien.
Dalam rekayasa teknologi ada pula studi tentang produk yang gagal, yang disebut teknik forensik. Studi ini bertujuan untuk memberikan masukkan para desainer melalui evaluasi produk atau desain di dalam kondisi lapangan dan mengalami kegagalan. Hal ini diperlukan untuk menentukan penyebab atau penyebab kegagalan.
PENGGUNAAN KOMPUTER
Seperti semua ilmu pengetahuan dan teknologi modern, usaha, komputer dan software memainkan peran yang semakin penting. Ada beberapa software aplikasi yang khusus untuk kebutuhan rekayasa. Komputer dapat menghasilkan model dari proses fisik, yang dapat diselesaikan dengan menggunakan metode numerik.
Salah satu yang paling banyak digunakan alat dalam profesi adalah Computer Aided Design (CAD) perangkat lunak yang memungkinkan para insinyur untuk menciptakan model 3D, 2D gambar, dan skema desain mereka. CAD bersama-sama dengan Digital Mockup (DMU) dan Computer Aided Engineering (CAE )software seperti analisis metode elemen hingga atau metode elemen analitik memungkinkan para insinyur untuk membuat model desain yang dapat dianalisis tanpa harus membuat mahal dan memakan waktu prototipe fisik.
Ini memungkinkan produk dan komponen yang harus diperiksa untuk cacat; menilai cocok dan perakitan; studi ergonomi dan menganalisis statis dan dinamis karakteristik sistem seperti tekanan, temperatur, emisi elektromagnetik, arus dan tegangan listrik, level logika digital, fluida mengalir, dan kinematika. Akses dan distribusi semua informasi ini biasanya dibuat dengan menggunakan software Product Data Management.
Ada juga banyak peralatan untuk mendukung tugas-tugas teknik tertentu seperti Computer Aided Manufacture (CAM), perangkat lunak untuk menghasilkan instruksi mesin CNC; Manufacturing Process Management perangkat lunak untuk kebutuhan produksi; EDA untuk Printed Circuit Board (PCB) dan Circuit Schematic  untuk rekayasa elektronik; MRO aplikasi untuk manajemen pemeliharaan dan AEC software untuk teknik sipil.
Dalam beberapa tahun terakhir penggunaan perangkat lunak komputer untuk membantu pengembangan barang-barang telah secara kolektif kemudian dikenal sebagai Product Lifecycle Management (PLM)
DALAM KONTEK SOSIAL
Rekayasa teknologi sangat berhubungan dengan sosial masyarakat dan perilakunya. Setiap produk yang dipergunakan dalam masyarakat modern dewasa ini tidak lepas dari rekayasa teknologi. Desain rekayasa teknologi  merupakan alat yang sangat berpengaruh terhadap perubahan lingkungan, masyarakat dan ekonomi. Sebagai contoh pemakaian dan perkembangan Blackberry dengan push emailnya sangat mempengaruhi perubahan pola komunikasi masyarakat dewasa ini. Sehingga rekayasa teknologi memiliki tanggung jawab yang besar bagi perubahaan dalam masyarakat. Dalam rekayasa teknologi diperlukan kode etik sehingga dapat mencegah dampak negatif bagi masyarakat. Industri atau perusahaan yang menjalakan rekayasa teknologi diharuskan untuk memiliki program atau kebijakan CSR (Corporate and Social Resposibility). Contoh perusahaan yang dimaksud, perusahaan Pembangkit Listrik, Eplorasi Migas, dan lain-lain.
HUBUNGAN DENGAN DISIPLIN ILMU LAIN
Menurut Teodore von Kármán, “Ilmuwan mempelajari dunia seperti apa adanya; rekayasa menciptakan dunia yang belum pernah”.
Terdapat tumpang tindih antara ilmu pengetahuan dan rekayasa di lapangan. Kedua bidang usaha mengandalkan pengamatan benda yang akurat dan fenomena. Keduanya menggunakan matematika dan klasifikasi kriteria untuk menganalisa dan berkomunikasi pengamatan.
Ilmuwan diharapkan untuk menafsirkan pengamatan mereka dan membuat rekomendasi untuk tindakan praktis berdasarkan interpretasi mereka. Ilmuwan mungkin juga harus menyelesaikan tugas-tugas teknis, seperti merancang peralatan percobaan, atau membuat prototipe. Sebaliknya, dalam proses mengembangkan teknologi, insinyur dapat mengeksplorasi fenomena baru.
Dalam buku “What Engineers Know and How They Know It”, Walter vincenti menegaskan bahwa penelitian rekayasa mempunyai karakter berbeda dari penelitian ilmiah. Pertama, sering berhubungan dengan bidang di mana dasar fisika dan / atau kimia yang dipahami dengan baik, tetapi permasalahnya terlalu rumit untuk dipecahkan dalam cara yang tepat. Contohnya adalah penggunaan pendekatan numerik untuk persamaan Navier-Stokes untuk menggambarkan aliran aerodinamis di atas pesawat, atau penggunaan kaidah Miner untuk menghitung kerusakan akibat kelelahan. Kedua, penelitian teknik sering memakai metode semi-empiris yang asing bagi penelitian ilmiah murni, salah satu contoh menjadi metode variasi parameter.
Sebagaimana dinyatakan oleh Fung et al. dalam revisi terhadap buku teks teknik, “Foundations of Solid Mechanics”:
Engineering is quite different from science. Scientists try to understand nature. Engineers try to make things that do not exist in nature. Engineers stress invention. To embody an invention the engineer must put his idea in concrete terms, and design something that people can use. That something can be a device, a gadget, a material, a method, a computing program, an innovative experiment, a new solution to a problem, or an improvement on what is existing. Since a design has to be concrete, it must have its geometry, dimensions, and characteristic numbers. Almost all engineers working on new designs find that they do not have all the needed information. Most often, they are limited by insufficient scientific knowledge. Thus they study mathematics, physics, chemistry, biology and mechanics. Often they have to add to the sciences relevant to their profession. Thus engineering sciences are born.”
“Teknik ini sangat berbeda dari ilmu pengetahuan. Ilmuwan mencoba untuk memahami alam. Ahli rekayasa atau orang teknik mencoba membuat hal-hal yang tidak ada di alam. Ahli rekayasa menekankan pada penemuan. Untuk mewujudkan sebuah penemuan insinyur harus meletakkan gagasan secara konkret, dan mendesain sesuatu dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. Hasilnya dapat menjadi perangkat, gadget, material, metode, sebuah program komputasi, percobaan yang inovatif, solusi baru atas suatu masalah, atau perbaikan pada apa yang ada. Karena desain harus konkret, itu harus memiliki geometri, dimensi, dan karakteristik angka. Hampir semua insinyur atau ahli rekayasa yang bekerja pada desain-desain baru menemukan bahwa mereka tidak memiliki semua informasi yang dibutuhkan. Paling sering, mereka dibatasi oleh kurangnya pengetahuan ilmiah. Dengan demikian, mereka belajar matematika, fisika, kimia, biologi dan mekanik. Seringkali mereka harus menambah ilmu yang relevan dengan profesi mereka. Dengan demikian ilmu teknik dilahirkan”









Dampak Perkembangan Teknologi
Saat ini teknologi telah menjadi bagian kehidupan sehari-hari. Kita lebih sering menggunakan layanan yang disediakan penyedia internet atau seluler untuk berkomunikasi daripada bertemu langsung dengan kawan-kawan.
Buktinya? Tumpukan pesan pendek, status dan komentar di Facebook atau tweet yang kita buat setiap hari. Terlebih dengan adanya demam perangkat pintar Blackberry.
Fenomena ini menimbulkan pertanyaan mengenai teknologi. Apakah ia menginterupsi atau bahkan menggantikan cara kita bersosialisasi secara fisik? Laman Kaboodle menulis beberapa pertanda yang menunjukkan Anda harus segera mengurangi pemakaian perangkat teknologi, berikut di antaranya:
- Hari-hari kerja berlalu begitu saja karena Anda sibuk mengelola lahan peternakan melalui aplikasi permainan Farmville. Permainan dalam jejaring sosial Facebook ini memang membuat kecanduan. Anda dapat menghabiskan waktu berjam-jam untuk menunggu panen cabai atau tomat dan akhirnya justru melupakan kewajiban.
- Anda menemukan bahwa pasangan Anda selingkuh setelah Anda memeriksa teleponnya. Anda juga merasa cemburu melihat perempuan atau lelaki lain tampak akrab dengan pasangan Anda di wall Facebook.
- Anda lebih suka menggoda melalui pesan singkat. Anda juga tidak merasa tidak sopan saat menjawab pesan di tengah makan malam romantis.
- Anda mengirim pesan instan (messenger) kepada teman serumah bahkan saat Anda sama-sama berada dalam rumah.
- Anda lebih suka berolahraga dengan memainkan konsol Nintendo Wii. Anda mengira bermain tenis, gitar, atau bersepeda melalui Wii setara dengan jika Anda ke luar rumah. Padahal tidak ada yang bisa menggantikan manfaat sinar matahari terhadap kulit atau bercanda dengan teman satu band.
- Anda selalu merasa ingin menekan tombol Ctrl + Z setelah melakukan kesalahan.

Komentar

Postingan Populer